banner 728x250
Berita  

Desmond Junaidi Mahesa, Mantan Aktivis ’98 dan Politikus Gerindra, Meninggal Dunia

banner 120x600
banner 468x60

Politikus Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa, telah meninggal dunia pada Sabtu, 24 Juni 2023. Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. Andre menyatakan bahwa Desmond menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta, pada Sabtu pagi. Jenazah Desmond direncanakan akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Saco 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Setelah itu, rencananya jenazah Desmond akan dimakamkan di Al Azhar Karawang. Andre menambahkan, “Iya (Desmond meninggal),” pada Sabtu, 24 Juni 2032.

Desmond J. Mahesa, yang menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu pagi, adalah seorang politikus Gerindra yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR. Lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 12 Desember 1965, Desmond mulai dikenal oleh publik saat menjadi salah satu korban penculikan aktivis pro-demokrasi pada tahun 1997/1998. Pada saat itu, Desmond adalah seorang aktivis dan mahasiswa yang berjuang untuk mewujudkan keadilan dan demokrasi di masa pemerintahan Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto.

banner 325x300

Setelah perjuangannya sebagai aktivis, Desmond berhasil mendapatkan kursi di DPR setelah memperoleh dukungan sebanyak 103.837 suara dari daerah pemilihan (dapil) Banten II. Keberhasilan ini juga diikuti dengan pencapaiannya sebagai Juara Dapil pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019. Sebelumnya, pada Pileg 2014, ia berhasil memperoleh 61.275 suara dari dapil Banten II, dan pada Pileg 2009, ia mendapatkan 13.439 suara dari dapil Kalimantan Timur.

Desmond Junaidi Mahesa adalah seorang politikus yang telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia politik Indonesia. Perjuangannya sebagai aktivis ’98 dan keberhasilannya dalam meraih suara dalam pemilihan legislatif menunjukkan dedikasinya terhadap keadilan dan demokrasi. Kehilangannya merupakan kehilangan yang dirasakan oleh masyarakat, khususnya dalam upaya menjaga dan memperkuat demokrasi di negara ini.

Dengan meninggalnya Desmond, kita merenungkan pentingnya pengorbanan para aktivis dan pahlawan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Semoga jasanya dikenang dan semangatnya terus membara dalam perjuangan demi kemajuan bangsa. Saat ini, kita semua berdoa agar keluarga dan orang-orang terdekat Desmond diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi duka yang mendalam ini. Semoga Desmond Junaidi Mahesa mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya, dan semoga negara ini terus bergerak maju dalam arah yang lebih baik.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *